Sabtu, 10 Juli 2010

Chiffon Ketan Hitam



Udah lama pengen bikin kue yang satu ini, secara banyak yang bilang dari beberapa resep kue dan bolu yang pake ketan hitam, ini resep yang paling maknyus, ndak begitu manis, gurihnya pas. Tapi penampilan kue ku jelek ya.. Secara loyang chiffonya kegedean, diameter 30cm, bahannya sak uprit. Kayaknya harus beli loyang baru nih yang kecil.. :D

Kue ini laris banget loh, jagoan kecilku doyan banget. Dia bilang gini "nda..mantap ue nda.. enak ue item" hihihih... Bikin malem, paginya langsung abis. Kalau ndak ditahan paling malem itu juga abis deh...

Resepnya diambil dari beberapa teman yang udah pernah coba, tapi aslinya resep ini resepnya alm Bu Ruri http://kuehruri.blogspot.com.

Resepnya sbb :

Bahan 1 :
5 btr kuning telur
100 ml santan kara
150 gr tepung ketan hitam
75 gr minyak sayur
*campur semuanya ya.. bisa pake whisk ato sendok hehe

Bahan 2:
5 btr putih telur
100 gr gula pasir
1/2 sdt garam
1/2 sdt cream of tar2
*kocok hingga kaku

Siapkan loyang chiffon, alas kertas roti, pinggiran ndak usah dioles apa2 ya. Campur bahan2 ke bahan1, harus nyampur rata loh ya ndak boleh ada putih telur yang misah. Kalau sudah, segera tuang ke loyang.
Nah.. waktu manggang nya ini beda2,, tergantung berapa diameter loyang chiffon yang dipake. Kalau di resep suhu oven nya 170'C sekitar 1 jam. Kemaren loyangku itu kegedean, diameter 30cm :D jadi manggangnya cuma 40 menit. Kayaknya harus beli loyang chiffon yang kecil nih biar bisa bikin 1 resep aja..

Ouya,, setelah matang langsung tengkurapkan loyang ya. tunggu sampe kue bener2 dingin baru dikeluarkan dengan menggunakan pisau untuk mengeruk pinggir2annya.

Silakan mencoba...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar